Musrenbang Desa Tarunajaya Tahun Anggaran 2019

Kabar Desa Lingkungan Pemerintahan Penggunaan Dana Desa Tokoh Masyarakat

Tarunajaya, 3 November 2018 – Bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Tarunajaya Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya telah diselenggarakan Musrenbang Desa T.A 2019, yang dihadiri Bapak Camat Sukaraja, Babinsa Desa Tarunajaya, Pendamping Desa dan berbagai elemen dan unsur masyarakat baik dari wakil-wakil kelompok, Dusun, lembaga Desa, tokoh masyarakat serta unsur lain yang terkait di Desa.

Kegiatan tersebut secara kultural adalah dalam rangka Menjalankan sila ke-4 dari Pancasila yang berbunyi “Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan” yang menjadi landasan bernegara serta landasan dalam menjalankan seluruh kegiatan pemerintahan. Salah satu kegiatan yang rutin setiap akhir tahun diadakan oleh pemerintah Desa ialah Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES).

Pada Kata Sambutannya Bapak Kadar Mulyana Selaku Penjabat Kepala Desa Tarunajaya menyampaikan bahwa “MUSRENBANG yang dilaksanakan hari ini (03/11/2018) adalah amanah dari PERMENDAGRI No. 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa yang menyatakan bahwa Pemerintah Desa menyusun Rencana Kerja Pemerintah sebagai penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah untuk memberikan kontribusi dalam kegiatan usaha produk di bidang pertanian maupun produk unggulan desa dalam rangka penuntasan kemiskinan, dan sekala Pioritas Dana Desa yaitu pembangunan Sarana Olahraga, Peningkatan BUMDesa, Produk Unggulan Desa dan Embung Padi ”, ujarnya.

Dengan melihat pergeseran paradigma pembangunan yang sekarang menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan. Artinya, pemerintah tidak lagi sebagai provider dan pelaksana, melainkan lebih berperan sebagai fasilitator dan katalisator dari dinamika pembangunan, sehingga dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan, masyarakat mempunyai hak untuk terlibat dan memberikan masukan dan mengambil keputusan, dalam rangka memenuhi hak-hak dasarnya, salah satunya melalui proses Musrenbang. Semoga proses pembangunan dan proses musyawarah semakin dewasa dengan kesadaran dan kecintaan pada desa sendiri sebagai bagian dari negara tercinta kita Indonesia Raya.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan