Desain Perencanaan Kawasan Desa Wisata

Kabar Desa Lingkungan Pemerintahan Potensi Desa Seni dan Kebudayaan Tak Berkategori

Desain Perencanaan area bendungan madasari

Area Bendungan Bendungan ini terletak di Dusun Madasari, Desa Tarunajaya. Bendungan ini memiliki potensi wisata apabila dalam perencanaannya dipersiapkan secara matang. Di sebelah bendungan terdapat sawah dan di seberang sungai terdapat tebing yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi area wisata.
LOKASI / TITIK AREA Lokasi dari titik area bendungan ini berada di Dusun Madasari, Desa Tarunajaya yang berada di balik bukit. Di Dusun Madasari area sekitar cenderung masih sangat alami sehingga sangat cocok untuk dijadikan area wisata yang mengacu pada alam.

Fungsi area bendungan

  • Area Kuliner Terdapat restoran dan area santai untuk menikmati hidangan khas Jawa Barat dengan sajian pemandangan hamparan sawah dan bukit serta sungai
  • Wahana Air Memanfaatkan sungai yang berarus tenang untuk area bermain perahu/sekoci
  • Ruang Serbaguna Menyajikan area yang dapat difungsikan sebagai hal/ruang pentas untuk pertunjukan
  • Area Santai Memberikan banyak area santai baik indoor maupun outdoor yang dapat dinikmati dengan sekedar duduk-duduk 2 atau berswa foto

DESAIN AREA BENDUNGAN

Keterangan Gambar : 1. Gapura welcoming 2. Lobby/Information Center 3.Tower observasi 4. Pitstop/Warung A 5. Area Santai/ Gazebo 6. Pitstop/Warung B 7.Area santai 8. Pedestrian pinggir sungai 9. Area Santai / Gazebo 10. Area Deck Perahu 11. Restoran dan Pemancingan 12. Restoran  dan Area Servis 13. Area souvenir
1. Permukiman = Sebagai Area Parkir 2. Area Bendungan
Konsep gapura Gapura berasal dari bentuk huruf hijaiyah(Bahasa arab) Alif-Lam yang di transformasikan menjadi seperti gambar dengan bahan dasar bambu.
Jalan setapak depan Disajikan dengan pemandangan sawah, bukit dan sungai
“skywalk” Tanpa merusak area persawahan
“SKYWALK” Menyusuri area sawah dari atas dengan pemandangan bukit dan sungai di depan
PITSTOP / WARUNG B Tempat peristirahatan sejenak, menyediakan makanan ringan
PITSTOP / WARUNG Terdapat dua pitstop / warung
Pedestrian pinggir sungai Sungai dapat dinikmati dengan berbagai cara: memancing, duduk santai, jalan santai
Pedestrian pinggir sungai Pembagian 3 zona pedestrian : (merah) memancing, (paving hijau) jalan santai, (oinggir) menuju area santai

Saran dan usulan

  1. Sebelumnya tanah tapak/site biasanya digunakan sebagai area kemping (camping) sehingga di dalam desain lebih baik juga harus disertakan.
  2. Sistem penggunaan sawah di titik Kawasan tersebut bisa berbentuk kerjasama bagi hasil atau semacamnya dengan pemilik sawah.
  3. Perlu dipikirkan apabila terjadi hujan lebat karena bendungan cenderung jebol/jumlah debit air yang membludak

Desain street amenities

Amenities yang berarti sarana prasarana merupakan salah satu syarat terwujudnya desa wisata. Oleh karena itu kami mahasiswa KKN-PPM UGM Unit JB022, memberikan desain dari gagasan yang telah kami buat. Harapan ke depannya, semoga Desa Tarunajaya bisa menjadi desa wisata khususnya desa wisata bordir dan menjadi tujuan para wisatawan untuk belajar, berbelanja dan menikmati potensi – potensi lain yang dimiliki DesaTarunajaya.

Desain street amenities ini meliputi : lampu jalan, tempat peta desa, dan tempat sampah. Desain ini dapat diterapkan di titik mana pun di desa, sehingga desa nantinya dapat memiliki ciri khas dari objek–objek ini.

Gambar Lampu Jalan Aksonometri Tampak Depan Tampak Samping
Gambar Tempat Peta Aksonometri Tampak Depan Tampak Samping
Gambar Tempat Sampah Aksonometri Tampak Depan Tampak Samping

 

Keterangan : Desain dan Perencanaan di bantu KKN UGM

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan