240 Calon Anggota PPK Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan

Kabar Desa Lingkungan Pemerintahan

Singaparna – Sebanyak 240 Calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Tasikmalaya mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan. Tes yang dilaksanakan di Kantor KPUD Kabupaten Tasikmalaya ini dilaksanakan mulai hari ini Rabu (21/11/2018) sampai Hari Jum’at (24/11/2018).

Pelaksanaan Fit dan Proper Tes Calon Anggota PPK

“Semua peserta Uji Kelayakan dan Kepatutan ini berasal dari seluruh kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Kita berharap semua tahapan Uji Kelayakan dan Kepatutan dapat berjalan dengan lancar sehingga mampu melahirkan anggota PPK yang berintegritas,” ungkap Zamzam Zamaludin, SP, Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya.

Dia menambahkan, pelaksanaan Uji Kelayakan dan Kepatutan ini berdasarkan Surat Edaran dari KPU RI tertanggal 5 November 2018 dengan Nomor 1373/PP.05-SD/01/KPU/XI/2018 tentang Proses Penambahan Jumlah Anggota PPK pada Pemilu Tahun 2019 pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 31/PUU-XVI/2018. Dalam Surat Edaran ini salah satunya disebutkan bagi Kabupaten/kota yang telah malaksanakan Pilkada, maka proses rekrutmen diambil dari dua anggota PPK yang tidak terpilih pada tahapan evaluasi anggota PPK untuk penyelenggaraan Pemilu 2019 dan lima orang calon anggota PPK peringkat ke enam sampai 10 hasil seleksi calon anggota PPK pada Pilkada. Jika hasil verifikasi calon anggota PPK tidak memenuhi persyaratan, KPU berkoordinasi dengan lembaga pendidikan atau profesi untuk meminta calon anggota PPK yang dibutuhkan.

“Atas dasar surat edaran tersebut kita laksanakan Uji Kelayakan dan Kepatutan ini. Terlebih pelaksanaan pemilu sebentar lagi. Dengan bertambahnya jumlah anggota PPK, diharapkan kinerja anggota PPK di seluruh kecamatan menjadi lebih fokus ringan,” harapnya.

Dari 240 calon yang ikut seleksi, jelas Zamzam Zamaludin, SP, nanti akan diambil tiap kecamatan dua anggota PPK.

“Seluruh anggota PPK hasil seleksi ini akan dilantik dan mulai efektif kerja pada tanggal 2 Januari 2019. Kalau dilihat di surat edaran KPU RI, masa kerja PPK ini akan berakhir pada tanggal 16 Juni 2019,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di kab-tasikmalaya.kpu.go.id dengan judul “240 Calon Anggota PPK Ikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan”, Tanggal 21 November 2018
Penulis: Cepi Cahya

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan