Sosialisasi Dana Desa Tahap III Desa Tarunajaya Tahun Anggaran 2018.

Kabar Desa Pemerintahan Penggunaan Dana Desa Tokoh Masyarakat

Tarunajaya, 3 Desember 2018 – Sehubungan telah turunnya anggaran Dana Desa Tahap III, pada Hari Sabtu tanggal 1 Desember 2018 pukul 08.00 telah diadakan Kegiatan Sosialisasi Dana Desa Tahap III yang bertempat di Aula Kantor Desa Taruanjaya Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya yang Dana Desa tersebut dialokasikan untuk Normalisasi Saluran Irigasi dan Pemasangan Pintu Penguras, Pembangunan TPT Kampung Galumpit, Pembangunan Rabat Beton Jalan Lingkungan Kampung Galumpit.  Kegiatan Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Bapak Kadar Mulyana selaku Penjabat Kepala Desa Taruanjaya, Sekdes Tarunajaya, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Tarunajaya,  Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Taruanjaya, Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Tarunajaya, Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) se-Desa Taruanjaya, Tokoh Masyarakat Desa Tarunajaya dan sebagian Perangkat Desa Taruanjaya.

Pemaparan Sosialisasi Dana Desa Tahap III Desa Tarunajaya Tahun Anggaran 2018.

Dalam sosialisasi Dana Desa Tahap III ini Penjabat Kepala Desa Tarunajaya Menyatakan ” Masyarakat harus memanfaatkan Program Dana Desa yang di danai oleh pemerintah pusat dengan sebaik-baiknya dan dipergunakan sesuai dengan Petunjuk Teknis yang tertuai dalam program Padat Karya”, ungkapnya.

Prinsip Pelaksanaan Padat Karya Tunai di Desa

  1. Inklusif Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Padat Karya Tunai di Desa perlu disusun berdasarkan kebutuhan masyarakat dengan mempertimbangkan aspek tenaga kerja (penganggur, setengah penganggur dan masyarakat marginal/miskin), kondisi geografis, sosial, budaya dan ekonomi serta mempertahankan daya dukung dan keseimbangan lingkungan.
  2. Partisipatif dan Gotong Royong Pelaksanaan kegiatan Padat Karya Tunai di Desa berdasarkan asas “Dari, Oleh dan untuk Masyarakat”. Pemerintah berperan sebagai fasilitator yang mendampingi pemerintah Desa, BPD dan masyarakat Desa untuk melaksanakan pembangunan Desa secara partisipatif dan gotong royong.
  3. Transparan dan Akuntabel Pelaksanaan kegiatan Padat Karya Tunai di Desa dilakukan dengan mengutamakan prinsip transparan dan akuntabel baik secara moral, teknis, legal maupun administratif kepada semua pihak.
  4. Efektif Kegiatan Padat Karya Tunai di Desa harus memiliki dampak positif terhadap produktifitas, kesejahteraan masyarakat, dan pertumbuhan perekonomian.
  5. Swadaya Kegiatan Padat Karya Tunai di Desa dilaksanakan dengan mendorong adanya sumbangan dana, tenaga, material, dan aset bergerak dan/atau tidak bergerak dari warga Desa yang berkecukupan.
  6. Prioritas Kegiatan Padat Karya Tunai di Desa dilaksanakan dengan mendahulukan kepentingan sebagian besar masyarakat Desa yang berdampak pada terciptanya lapangan kerja, teratasinya kesenjangan, dan terentaskannya warga miskin.

Kemudian, Dalam Sosialisasi Dana Desa Tahap III ini Tim Pengelola Kagiatan Desa Taruanjaya menyatakan “Semoga semua berjalan lancar, dan warga desa dapat berperan aktif dalam penerapan dan pengawasan Kegiatan Penerapan Dana Desa Tersebut” ungkapnya.

Peserta Musyawarah sedang menandatangani daftar hadir dalam kegiatan rapat Sosialisasi Dana Desa Tahap III Desa Tarunajaya Tahun Anggaran 2018
Suasana Rapat Sosialisasi Dana Desa Tahap III Desa Tarunajaya Tahun Anggaran 2018

Selain Sosialisasi Dana Desa Tahap III Desa Tarunajaya Tahun Anggaran 2018 di Aula Desa Tarunajaya, ada pula Sosialisasi di wilayah Kampung Galumpit di malam harinya.

 

Sosialisasi Dana Desa Tahap III Desa Tarunajaya Tahun Anggaran 2018 di wilayah Kampung Galumpit

Keesokan harinya peserta musyawarah meninjau lapangan untuk penerapan Kegiatan Normalisasi Penambalan Saluran Irigasi dan Pemasangan Pintu Air.

Suasana Tinjau Lapangan di wilayah Kedusunan Madasari

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan