PENGARUH BORDIR BAGI PEREKONOMIAN DI DESA TARUNAJAYA

Kabar Desa

Desa merupakan suatu tempat yang dihuni oleh gabungan sejumlah keluarga dimana mereka bertempat tinggal dan menjalankan kehidupan di suatu Desa tersebut. Desa mempunyai pemerintahan sendiri yaitu dikepalai oleh seorang Kepala Desa. Tugas dari Kepala Desa secara eksplisit pasal 26 ayat 1 yaitu:

(i)         Menyelenggarakan pemerintahandesa,

(ii)        Melaksanakan pembangunan desa,

(iii)       Melaksanakan pembinaan masyarakat,

(iv)       Memberdayakan masyarakat desa.

Terdapat salah satu Desa di Kabupaten Tasikmalaya sebelah Selatan bertempat di Kecamatan Sukaraja yaitu Desa Tarunajaya. Desa Tarunajaya merupakan sebuah desa yang dapat dibilang sudah cukup maju, di Desa Tarunajaya mempunyai 4 Dusun yaitu Dusun Cimawate, Dusun Kedunghalang, Dusun Galumpit dan Dusun Madasari, diantara keempat Dusun yang berada di Desa Tarunajaya tersebut terbagi menjadi 21 RT.

Dalam sebuah kehidupan tentu saja setiap orang memerlukan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, karena salah satu factor untuk membangun sebuah keluarga yaitu harus memenuhi factor ekonomi untuk mencukupi semua kebutuhan. Dalam kehidupan factor ekonomi adalah suatu komponen penting, sehingga siapapun tentu saja akan berusaha berbagai macam cara untuk menghasilkan uang. Namun sering kali sebagian orang beranggapan perekonomian di daerah perdesaan dinilai lambat disbanding dengan perekonomian di perkotaan. Pernyataan tersebut tidak berlaku di Desa Tarunajaya.

Desa Tarunajaya termasuk kedalam sebuah Desa yang maju dalam bidang ekonomi dan sumber daya manusianya. Salah satu cara untuk memenuhi factor perekonomian di Desa Tarunajaya yaitu dengan berwirausaha untuk memenuhi kebutuhan kehidupan yaitu berwirausaha dalam pembuatan mukena bordir. Dalam kehidupan salah satu masalah ekonomi di Indonesia yang sering kita jumpai adalah pengangguran yang tiap tahun semakin meningkat salah satu cara mengurangi pengangguran tersebut yaitu dengan menciptakan lapangan pekerjaan. Dapat dihitung dalam persentase kurang lebih 80% masyarakat di Desa Tarunajaya berwirausaha dalam pembuatan mukena bordir. Dengan membuka wirausaha border mukena tersebut dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang kurang mampu.

Mukena bordir yang dihasilkan oleh masyarakat di Desa Tarunajaya akan dikirim keluar kota yaitu biasanya akan dikirim ke Tanah Abang. Pada hari senin dan hari kamis mukena border tersebut akan dikirim.

Selain dalam berwirausaha dalam pembuatan mukena border tanah luas yang dimiliki Desa Tarunajaya dan termasuk kawasan lahan yang subur menjadikan sebagian masyarakat Desa Tarujaya bertani. Hal tersebut dapat dilihat di sepanjang jalan Desa Tarunajaya lahan persawahan, selain menanam padi masyarakat juga menanam umbi-umbian namun dari hasil bertani tersebut dipakai untuk makanan dikehidupan sehari-hari.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan